Saatnya Berbusana Batik

Siapa sih orang Indonesia yang tak kenal batik? Rasanya, semua kenal. Maklumlah, batik memang salah satu warisan berharga nenek moyang kita yang hingga kini masih bertahan. Bahkan, akhir-akhir ini, batik kian berkibar.

Batik tak lagi hanya dikenakan oleh orang-orang tua untuk kondangan atau menghadiri acara resmi. Anak-anak muda pun kini bangga dan merasa trendy dengan baju batik. Mengusung corak, motif, dan model yang up to date, batik jadi kian menarik dan bisa digunakan untuk berbagai keperluan, termasuk acara-acara santai.

Pengamat mode Aju Isni Karim pun mengamati perkembangan ini. Menurut dia, batik sekarang tampil dengan motif dan model yang lebih ringan, tapi full modifikasi. Alhasil, batik bisa digunakan oleh semua usia. Modelnya? Sangat beragam. Tak hanya berupa blouse, tapi juga baby doll, blazer, blouse panjang sepaha, blouse tanpa lengan, dan rompi. Saat memakainya, Anda pun tak perlu cemas bakal terlihat kuno alias jadul. ''Pemakainya malah terkesan modern, apalagi batik bisa dipadukan dengan aksesori lain,'' ujar Isni.

Bagaimana memadukan batik agar si pemakai tampil modis dan trendy? ''Tidak ada batasan,'' kata Isni. Namun, ia memberikan beberapa panduan. Jika memakai atasan batik, bawahannya tak harus rok atau celana kain polos. Celana jeans, legging atau rok rajutan juga pas berpadu dengan batik. Bagaimana jika batik digunakan sebagai bawahan? Anda bisa memadukannya dengan atasan polos plus aksesori berupa kalung. ''Semua itu sah-sah saja, asal sesuai dengan kepribadian si pemakai. Yang penting, pandai-pandai memadukannya.''

Untuk yang bertubuh besar
Anda yang kebetulan memiliki postur tubuh besar, tentu saja bisa berbatik ria. Hanya saja, ada beberapa hal yang patut diperhatikan. Hindari batik bermotif ramai dan besar-besar. Begitupun batik dengan warna kontras, kurang cocok untuk Anda. Sebaiknya, pilih motif kecil-kecil dengan warna lembut. Jangan pula memilih aksesori ukuran besar, karena akan terlihat makin besar.

Batik cocok juga dikenakan oleh para Muslimah yang berkerudung. Satu hal yang perlu diperhatikan, ketika Anda mengenakan busana Muslimah dari batik, jangan kenakan kerudung bermotif batik pula. ''Kesannya jadi ramai, colourfull. Jilbabnya polos saja. Jika akan memakai tambahan batik, sebaiknya sebagai aksesori saja.'' n vie
( )

Tidak ada komentar: