Pebatik Denpasar dan Surabaya Gelar Pameran

Sejumlah pebatik asal Denpasar dan Surabaya menggelar pameran bersama dengan tema "Batik, Riwayatmu Kini" di Galeri House Of La Paste Jl Mayjen Sungkono, Surabaya, 5 - 12 Agustus 2007.

"Pameran untuk menggalang persatuan pebatik serta melestarikan seni batik tradisional itu digelar atas kerjasama Komunitas Batik Lukis Gondo Rukem Denpasar dengan Sanggar Senang Surabaya," kata ketua panitia pameran, Aldian Yoga Purnama di Surabaya, Senin.

Ia mengatakan, selain menampilkan karya seni batik hasil kreativitas Gondo Rukem, pameran itu juga menampilkan hasil karya cipta Sanggar Malam Jumat, Denpasar dan Sanggar Senang Karang Taruna, Jagir Sidosermo, Surabaya.

Batik dengan berbagai corak dipamerkan, antara lain, berupa batik panji, batik barong, sulaman wijaya kusuma, drama gong, pura karang asem, pura besakih, kembang setaman, dunia flora fauna, ngaben trunyan dan keindahan alam Bali.

Karya seni batik Bali kebanyakan bercerita tentang cerita Panji Semirang yang mencari putrinya di tengah hutan kemudian bertemu dengan raksasa yang akhirnya raksasa itu mati oleh keris sakti sang Panji.

"Batik yang lebih umum lagi ada dalam karya Wijaya Kusuma. Selain itu, juga tak kalah menariknya adalah batik Pura Besakih dan Drama Gong yang penuh dengan warna coklat, merah saga dan hijau daun yang menambah indah dan unik lukisan," katanya.

Sementara pebatik asal Surabaya menyajikan keindahan laut dengan aktivitas nelayan, pasar ikan, karya bunga soka, seni ludruk dan sawah ladang serta pantai batik klitik dan lurik kawung.

Sumber: Antara
Penulis: jodhi

Tidak ada komentar: