Batik dan Harajuku Akan Bertemu di Tokyo

Peringatan 50 tahun hubungan Indonesia-Jepang tidak hanya ramai digelar di Indonesia khususnya Jakarta, namun juga di Jepang. Komunitas Indonesia di Jepang (ICJ) akan mempersembahkan JAVARIZM, acara yang menyuguhkan pertautan budaya Indonesia-Jepang dan mempererat hubungan kedua negara Sabtu (29/11) besok di Fifty Seven, Roppongi, Tokyo.

Salah satu kombinasi budaya yang akan dipamerkan dalam ajang tersebut adalah perpaduan batik dan budaya Harajuku. Siapa tidak kenal fashion style ala Harajuku? Distrik Harajuku yang terletak di Tokyo, Jepang memang terkenal sebagai tempat "nongkrong" orang-orang yang stylish dan fashionable. Gaya Harajuku sendiri merupakan semacam street fashion atau fashion jalanan yang tidak mengenal peraturan.

Nah, apa jadinya bila gaya ala Harajuku yang ngepop digabungkan dengan batik tradisional Indonesia? Hasilnya adalah "Harjutik" atau Harajuku with Batik karya seniman asal Bandung, Indonesia, Tiarma Sirait.

Tiarma adalah seorang pelaku seni di Indonesia yang berprestasi di tingkat internasional. Salah satu prestasinya yang terakhir adalah mewakili Indonesia dalam acara Olympic Fine Arts di Beijing, Agustus lalu. Tiarma juga pernah menjadi artis tamu dan melakukan pameran di berbagai museum di Fukuoka, UK, Swedia dan beberapa negara lainnya.

Dalam JAVARIZM nanti, Tiarma akan didukung oleh model-model profesional Jepang yang secara sukarela membantu kesuksesan penyelenggaraan acara ini. Keberadaan para model ini merupakan salah satu bentuk kerjasama yang diberikan oleh generasi muda Jepang.

Selain peragaan busana, JAVARIZM juga akan menghadirkan musisi Indonesia yaitu DJ Anton dan DJ Adit yang tergabung dalam kelompok "Agrikulture". Kelompok ini memiliki prestasi yang baik dan namanya sudah tercatat di dunia musik elektronik di Asia Tenggara.

JAVARIZM juga akan didukung oleh kehadiran seorang penyanyi Jepang, Miou Fujinaga yang akan menyumbangkan sebuah lagu berjenis folk/neo-traditional. Selain menyanyi, Miou sekaligus merangkap sebagai MC dan berpasangan dengan Iwet Ramadhan, MC dan penyiar radio kondang di Indonesia. Tidak ketinggalan, anggota ICJ sendiri, David John, pesulap kelahiran Jambi yang pernah menunjukkan kebolehannya di Las Vegas dan merupakan salah satu Magician Member dari Magic Castle - Hollywood ini, akan melengkapi acara dengan suguhan sulapnya.

Acara ini akan diadakan di Fifty Seven, Roppongi, Tokyo, Jepang, Sabtu, 29 November 2008, pukul 19.00 – 22.00 waktu setempat. Informasi lebih lanjut mengenai acara ini silahkan kunjungi http://icjnetwork.jp atau hubungi ICJ (Indonesian Community in Japan) di icjteam@googlegroups.com.

Tidak ada komentar: